Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional

16.19

Baca Juga

Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian NasionalSetelah beberapa lama rehat dari menulis, kali ini akan dijelaskan bagaimana Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional, karena akhir-akhir ini teman-teman, adik-adik atau anak-anak kita yang sedang duduk dibangku semester akhir sekolah sedang mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah dan setelahnya dilanjutkan dengan Ujian Nasional.
Untuk itu Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional
source : Muridguru


1. Jadikan Suasana Belajar Nyaman dan Kondusif

Banyak sekali hal yang dapat membuat suasana belajar seseorang menjadi terasa nyaman dan kondusif. Seseorang dapat memilih lagu yang sesuai dengan mood dirinya pada waktu itu. Tempat yang digunakan untuk belajar pun dapat disesuaikan. Apabila mulai jenuh dan bosan dengan suasana di kamar maka suasana di teras atau di perpustakaan dapat menjadi alternatif penggantinya. Kunci utamanya adalah jangan sampai kegiatan belajar yang sedang dilakukan mengganggu atau terganggu oleh pihak lain. Hal ini menandai bahwa setiap anak mempunyai gaya belajarnya masing-masing, sesuaikan dengan dirinya sendiri.

Baca Juga : 7 Cara Unik Hasilkan Uang Saat Kuliah

2. Tentukan Waktu Belajar yang Pas dan Tepat

Waktu untuk belajar yang paling sesuai, pas dan tepat adalah pada saat dimana badan masih fresh dan segar. Memang tidak semua orang mempunyai waktu untuk belajar yang serupa. Namun biasanya, waktu pagi hari adalah waktu yang paling optimal dan tepat untuk dapat berkonsentrasi penuh. Gunakan saat-saat seperti ini untuk mempelajari materi-materi yang baru. Sedangkan sisa-sisa energi dapat digunakan untuk mengulang pelajaran yang lalu serta mengerjakan pekerjaan rumah yang telah ditugaskan. Jangan terlalu sering belajar menggunakan SKS atau sistem  kebut semalam karena hal ini akan dapat membuat tubuh menjadi lelah.

3. Kembangkan Lebih Lanjut Materi Yang Telah di Pelajari

Jika telah mengulang materi dan kemudian telah menjawab semua soal latihan yang ada, jangan serta merta langsung menutup buku. Mencoba untuk berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa buah pertanyaan yang tidak disertakan dalam soal latihan yang ada. Minta bantuan guru apabila tidak bisa menjawab untuk menyelesaikannya. Jika masih belum merasa puas, carilah jawabannya dibuku referensi yang lain atau di Mbah google (internet). 
Baca Juga : 5 Rahasia di balik Kesuksesan dalam Kelolosan SBMPTN 2015
Cara belajar seperti ini mampu mengajak kita untuk dapat selalu berpikir ke depan dan juga berpikir kritis. Hal ini perlu dikembangkan karena selain melatih kita untuk berfikir kritis juga akan lebih mengingat dan memahami materi yang baru saja kita pelajari.

4. Mencatat Inti atau Pokok-Pokok Pelajaran

Tinggalkan catatan dari pelajaran yang panjang-panjang. Ambilah intisari atau kesimpulannya saja dari setiap pelajaran yang telah dibaca ulang tadi. Keyword atau Kata-kata kunci inilah yang nantinya akan berguna pada saat mengulang pelajaran dan menjawab soal selama ujian berlangsung. Atau dengan kata lain telah rangkuman setiap materi yang telah dipelajari. Dapat pula membuat peta konsep, karena hal seperti ini akan dapat menambah daya ingat akan materi pelajaran yang telah lalu.

Baca Juga : Tips Taklukan Ujian Mandiri

5. Membaca = Kunci Belajar

Ingatlah selalu pepatah lama menyebutkan, buku merupakan jendela dunia. Akan tetapi apabila tidak dibaca pepatah seperti ini juga sama saja, tak ada artinya. Agar dapat memahami, minimal bacalah setiap materi baru dua kali dalam satu hari, yakni usahakan sebelum dan juga sesudah materi tersebut diterangkan oleh guru. Sebab otak sebelumnya telah mengolah materi itu sebanyak tiga kali jadi dapat dijamin bahwa materi tersebut dapat tersimpan cukup lama didalam otak.

Demikian lah artikel Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional, semoga bermanfaat dan terus berkunjung di Semangat27.com.
Baca Juga : Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional Part 2
Previous
Next Post »
0 Komentar